fbpx

10 Tips Menjaga Persahabatan yang Long Lasting

Pada titik tertentu, persahabatan adalah segalanya bagi kita. Ini adalah salah satu hal terpenting dalam hidup kita karena dapat memengaruhi pilihan kita dan membantu kita mendefinisikan diri kita sendiri. Teman-teman kita membuat kita merasa nyaman; mereka bisa menjadi pelarian saat kita berada di titik lemah dan juga mengetahui kekurangan kita tapi mereka tetap menyayangi kita.

10 Tips Menjaga Persahabatan

Ada yang mengatakan teman itu layaknya bunga yang berada di taman kehidupan kita. Persahabatan juga membutuhkan jenis air dan tanahnya sendiri untuk tumbuh sehat dan kuat. Jadi seperti apa persahabatan yang sehat itu?

  1. Pilih teman dengan bijak.

Memang, kita tidak bisa memilih di mana dan dari keluarga bagaimana kita dilahirkan, akan tetapi, selalu jadi pilihan bagi kita untuk mendapatkan sahabat seperti apa. Jika Anda membiarkan orang yang salah masuk ke dalam hidup Anda, banyak hal akan hilang sia-sia, seperti kegembiraan, kedamaian, cinta, dan harapan. Ini karena orang-orang di sekitar Anda akan memengaruhi perilaku Anda.

  1. Bersikap baik.

Tindakan kebaikan sederhana dapat mengubah suasana hati seseorang yang sedang mengalami masa sulit. Lihatlah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat hidup mereka lebih mudah daripada membuat mereka merasa lebih berat.

  1. Jujur

Jika ingin persahabatan yang langgeng dan kuat, Anda harus ingat bahwa kekuatan persahabatan ditopang dengan kejujuran. Anda tidak harus menjadi orang lain hanya untuk mendapatkan banyak teman karena teman sejati akan memberi Anda kebebasan untuk menjadi diri sendiri dan menerima Anda apa adanya.

  1. Cari waktu

Tunjukkan pada teman Anda bahwa Anda ingin berada di dekat mereka tidak peduli seberapa padat jadwal Anda. Jika Anda berdua jauh satu sama lain, Anda dapat mengirim pesan teks (chatting), email, video call, atau telpon untuk membuat mereka merasa bahwa mereka penting dalam hidup Anda.

  1. Tunjukkan penghargaan

Pastikan untuk mengungkapkan perasaan Anda dan mengambil langkah tepat untuk menunjukkan bahwa Anda peduli pada mereka. Memuji mereka atas perlakuan baik atau hal-hal yang mereka lakukan, juga merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan penghargaan Anda.

  1. Ungkapkan rasa terima kasih Anda.

Biarkan teman Anda tahu betapa Anda menghargai persahabatannya. Tulis catatan untuk mereka, atau bawa mereka keluar untuk makan siang / malam di salah satu tempat favorit. Hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah mengucapkan rasa terima kasih pada mereka karena telah memberikan dampak positif bagi hidup Anda.

  1. Jadilah pendengar yang baik

Seorang teman yang baik tidak selalu berarti Anda harus mengatakan semua kata yang ingin diucapkan, sebaliknya, Anda hanya harus menjadi pendengar yang baik. Perhatikan dan dengarkan baik-baik apa yang dikatakan orang lain. Melakukan kontak mata dan bahasa tubuh juga akan membantu menunjukkan bahwa Anda mendengarkan.

  1. Akui dan minta maaf.

Terkadang ketika seorang teman sedang kesal, yang ingin mereka dengar dari Anda hanyalah “maaf” yang sederhana. Belajarlah untuk mengakui dan meminta maaf ketika Anda melakukan sesuatu yang salah alih-alih membiarkan kesombongan menguasai Anda. Diam saja, telan harga diri Anda, dan terima kesalahan Anda karena itu adalah bagian dari pendewasaan.

  1. Sadarilah bahwa tidak ada orang yang sempurna

Setiap orang membuat kesalahan dalam hidup, itu sebabnya pensil memiliki penghapus. Masing-masing dari kita memiliki kekurangan dan keanehan, tetapi menerima semua itu adalah kunci untuk persahabatan yang lebih kuat dan tahan lama.

  1. Jadilah orang yang dapat dipercaya

Anda dan sahabat harus memiliki sifat jujur satu sama lain. Jika seorang teman memberi tahu Anda sebuah rahasia, pastikan untuk menyimpannya dan jangan pernah membocorkannya kepada seseorang yang Anda pikir dapat Anda percayai. Tidak ada yang membunuh persahabatan yang baru tumbuh lebih cepat daripada rahasia yang tumpah. Sebuah rahasia harus disimpan sebagai rahasia.

Demikian beberapa poin sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat persahabatan Anda semakin langgeng dan tahan lama. Tentu, selain disebutkan di atas, masih ada berbagai tips lain untuk menjaga persahabatan, seperti mengajaknya makan di rumah.

Jangan lupa, jika Anda mengajak sahabat makan di rumah, pilihlah makanan berkualitas dimulai dari memilih berasnya. Beras dengan kualitas tinggi akan membuat hidangan makanan semakin enak dan lezat. Secara tidak langsung, sahabat Anda juga akan merasa makanan Anda begitu enak. Tentu ini akan menjadi nilai plus bagi persahabatan Anda. (www.smartladori.com)

Dibaca

 7 total views,  1 views today

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
Share on digg

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA