fbpx

5 Jenis Masakan Populer yang Nikmat untuk Dipadukan dengan Nasi Putih

Nasi putih memang telah menjadi makanan pokok di kawasan Asia termasuk Indonesia. Ada banyak alasan kenapa nasi putih menjadi makanan pokok di negari agraris ini, salah satunya karena bisa dipadukan dengan berbagai jenis lauk. Bahkan, nasi putih juga cocok disandingkan dengan berbagai gaya masakan seperti Japanese food, Western food, Indian food dan masih banyak lagi.

5 Jenis Makanan untuk Nasi Putih

Berikut ini ada 5 jenis masakan atau makanan yang paling sering dipadukan dengan nasi putih, ada favoritmu?

Sayuran

Sebagai negara yang memiliki tanah subur, sayuran memang mudah tumbuh di Indonesia. Apalagi di kawasan pegunungan, ada banyak sekali jenis sayur yang tiap hari dipanen dan dikirim ke pasar. Sayuran menjadi masakan paling disukai orang Indonesia untuk disandingkan dengan nasi putih. Memang, nasi putih yang tidak memiliki rasa akan terasa sangat nikmat jika dikombinasikan dengan sayur.

Ada banyak sekali jenis masakan sayuran dari mulai sayur berkuah seperti sayur sop, sayur bening, sayur bayam dan sayur asem. Ada juga sayur tumis seperit tumis kangkung, tumis buncis, tumis taoge, tumis bayam bahkan tumis kacang panjang. Semuanya enak apalagi disantap dengan beberapa makanan lain seperti kerupuk dan sambal.

Ikan-ikanan

Nasi putih memang tidak pernah gagal untuk dipadu dengan berbagai jenis lauk atau masakan. Begitu juga ketika nasi putih disandingkan dengan ikan-ikanan. Wajar jika di tiap resto atau warung makan, mereka juga menyediakan menu ikan. Baik itu ikan air tawar maupun air laut, setiap hari banyak orang mengonsumsinya. Itulah kenapa ada banyak jenis masakan ikan di tanah air.

Ada ikan goreng biasa, ikan goreng krispi, ikan bakar, ikan saus padang, ikan bakar madu dan masih banyak lagi termasuk berbagai jenis tumis ikan. Ikan dan nasi putih akan semakin nikmat jika ditambah dengan sayuran dan sambal. Menu komplit ini sangat digemari masyarakat Indonesia. Lihat saja berapa banyak jumlah resto yang menyajikan menu ini.

Ayam dan Bebek

Di kelompok unggas ada ayam dan bebek yang paling popular. Memang ada yang menyukai burung, tapi jika dilihat dari popularitasnya ayam ada di urutan pertama kemudian ada bebek. Kedua unggas ini sangat gurih dan enak dengan berbagai jenis masakannya. Ada ayam bakar, ayam goreng, ayam balado, opor ayam, ayam kaldu dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan bebek yang hampir sama dimasaknya seperti ayam; bebek goreng, bebek bakar atau sate bebek dan sate ayam.

Masakan ayam dan bebek dianggap sebagai yang paling enak kedua setelah daging sapi dan kambing. Tapi, jika dilihat dari harganya jelas ayam dan bebek lebih terjangkau. Oleh sebab itu, masakan ayam dan bebek sangat digemari masyarakat tanah air karena harganya terjangkau. Oleh karena harganya terjangkau, masakan ayam dan bebek ini cenderung disukai dari semua kalangan.

Kambing dan Sapi
Menu yang satu ini memang sangat akrab di lidah orang Indonesia. Ada banyak sekali kreasi masakan daging kambing dan sapi. Yang paling populer adalah sate, tengkleng dan gulai. Semuanya rasanya memang luar biasa enak apalagi jika dipadu dengan nasi putih. Menu ini memang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan ayam maupun bebek. Tetapi, memang dari sisi rasanya juga jauh berbeda.

Sebagai perbandingan antara sate ayam dan sate kambing pasti berbeda dari segi rasa dan gurihnya. Sate kambing memiliki cita rasa tersendiri. Apalagi jika disiram dengan sambal kecap yang khas. Ini membuat sate kambing banyak disukai masyarakat. Begitu juga dengan daging sapi yang dimasak dengan berbagai macam, rasanya memang lebih enak dari daging ayam. Jika dibandingkan setiap orang memiliki pandangan sendiri mana yang lebih enak.

Seafood

Ini menu yang tak kalah enak dibandingkan menu lain di atas. Seafood ini sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Ada cumi, udang, kerang hingga kepiting. Semua dimasak dengan olahan dan bumbu yang sedap menggugah selera. Selain dari rasanya yang memang enak, seafood ini masih tergolong langka jika dibanding menu lain di atas. Artinya, setiap kota pun jumlah resto yang menawarkan menu seafood pun sedikit jumlahnya.

Seafood ini bisa dipadu dengan berbagai kreasi seperti nasi goreng. Nasi goreng juga olahannya dari nasi putih. Perpaduan seafood dan nasi goreng juga banyak diminati.

Demikian 5 jenis menu masakan yang paling populer untuk dimakan bersama dengan nasi putih. Nasi putih memang sangat cocok digabung dengan berbagai jenis masakan karena rasa dan testurnya. Masakan di berbagai daerah juga umumnya akan terasa lengkap jika dimakan bersamaan dengan nasi putih. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA