fbpx

6 Cara Meningkatkan Bonding Persahabatan

Setiap dari kita tentu ingin memiliki sahabat yang bisa dijadikan tempat untuk saling bercerita. Tapi, untuk meningkatkan bonding persahabatan bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan ada pula hal lain yang tidak boleh dilakukan. Di sini, kami akan memberikan 8 tips untuk meningkatkan bonding atau ikatan persahabatan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan bonding persahabatan;

Terbuka, ceritakan kabar baik dan buruk

Tentu Anda memiliki banyak kabar yang perlu diceritakan. Ada kabar baik dan ada juga kabar buruk. Jika Anda ingin ikatan persahabatan semakin meningkat, maka kedua hal tersebut perlu diceritakan. Jika Anda hanya menceritakan kabar baik saja, tentu teman Anda juga akan curiga apakah dia belum layak dipercaya sehingga tidak semua hal diceritakan.

Kabar baik seperti kelulusan, mendapatkan promosi jabatan dan bahkan hal remeh lain yang membuat Anda bahagia patut untuk diceritakan. Begitu juga dengan hal-hal buruk, seremeh apapun, jika itu bisa meningkatkan hubungan, maka ceritakanlah. Terkadang, dari hal remeh itulah kepercayaan akan terbangun.

Cari tahu kesamaan Anda

Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan bonding dengan sahabat Anda. Cobalah cari tahu apa yang menjadi kesamaan. Apakah itu travelling, piknik atau hanya sekedar main dan makan di luar. Jika Anda dan sahabat adalah tipe yang suka main di luar, maka buatlah agenda bersama untuk main. Misalnya, pekan ini diagendakan untuk pergi ke pantai. Ini akan membuat ikatan persahabatan semakin erat.

Jika Anda dan sahabat adalah orang yang lebih suka di rumah, maka buatlah agenda di rumah yang bisa dikerjakan bersama. Anda bisa memulai dengan memasak bersama, menonton film, membaca buku atau bermain games. Ada banyak cara untuk melakukan kegiatan bersama di rumah. Bonding persahabatan akan semakin kuat seiring dengan banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan bersama.

Dengarkan, dengarkan dan dengarkan

Mungkin Anda sedang mengalami hal buruk, tetapi sahabat membutuhan kehadiran Anda untuk mendengarkan ceritanya. Ini penting agar Anda mendengarkan terlebih dahulu. Jika selesai, maka ceritakan pula kondisi Anda. Mendengarkan memang bagian yang sulit. Tapi jika ini demi persahabatan, maka Anda perlu melakukannya. Mendengarkan adalah salah satu modal terbaik untuk membantung persahabatan yang awet.

Begitu juga ketika Anda dalam kondisi baik-baik saja dan sahabat sedang ada masalah, cobalah dengarkan semua keluh kesahnya. Terkadang, tidak semua masalah itu harus diberikan solusi, tapi hanya cukup didengarkan saja. Ketika ia bercerita tentang semua hal yang membebaninya, ini akan membuatnya terasa lega dan itu baik untuk kesehatan fisik dan mental sahabat.

Jaga hal-hal sederhana

Untuk menjadi sahabat, Anda tidak perlu melakukan hal berlebihan. Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang gila agar disukai sahabat. Bahkan, ketika sedang berkumpul sekalipun, Anda tetap bisa melakukan hal-hal sederhana dan tak perlu berlebihan. Jadi, jangan berpikir terlalu keras ingin melakukan ini dan itu. Biarkan semua mengalir dan nikmati setiap waktu bersama sahabat.

Menjaga hal sederhana ini juga tidak akan membuat Anda repot karena harus terus menghibur atau melakukan sesuatu. Hal sederhana justru mudah dilakukan sebagaimana biasanya. Anda cukup menjadi diri sendiri, tak perlu berlebih. Dengan begitu, sahabat pun akan menerima Anda apa adanya.

Selalu menjadi dirimu sendiri

Jangan berusaha terlalu keras dengan mengorbankan semua yang Anda miliki. Misalnya, teman-teman Anda sedang merencanakan untuk liburan di akhir pekan, sedangkan Anda sudah memiliki jadwal lain seperti membantu orang tua, les private atau lainnya. Jika memang tidak bisa, katakan saja tidak bisa. Ini penting agar teman yang lain juga memahami kondisi Anda sehingga mereka pun tak perlu memaksa.

Contoh lain ketika Anda dan sahabat ingin makan malam di suatu tempat. Anda tahu di situ harga makanan dan minumannya cukup mahal bagi kantong Anda. Jangan paksakan diri untuk mengikuti mereka atau makan di tempat yang Anda tidak bisa membayarnya. Cukup katakana bahwa di situ terlalu mahal bagi Anda dan Anda untuk saat ini tidak bisa makan malam di situ. Ini lebih baik daripada harus berpura-pura.

Jangan tinggalkan teman lama

Ini juga penting untuk diperhatikan bahwa ketika Anda menemukan teman dan circle baru, bukan berarti sahabat dan circle lama ditinggalkan atau bahkan dilupakan. Semua membutuhkan proses dan proses itu tidak perlu melupakan yang lain.

Sekarang Anda sudah paham bagaimana cara meningkatkan bonding persahabatan agar persahabatan semakin awet dan langgeng. Cobalah praktekan beberapa tips di atas dan lihatlah bagaimana persahabatan Anda akan semakin erat. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top