fbpx

6 Kebiasaan Makan Sehat yang Perlu Diperhatikan

Ketika kita berpikir tentang makan sehat, banyak orang yang hanya fokus pada jenis makanan apa yang kita konsumsi. Kita sering lupa bahwa bagian utama dari makan sehat dimulai dengan membentuk kebiasaan makan yang sehat. Untuk makan lebih banyak makanan bergizi, Anda mungkin perlu mengubah beberapa kebiasaan sehari-hari Anda.

6 Kebiasaan Makan Sehat
Membentuk kebiasaan makan yang sehat justru akan memudahkan Anda untuk makan dengan sehat dan dapat menikmati makanan, daripada merasa cemas setiap kali makan. Baik Anda mencoba menurunkan berat badan atau hanya makan makanan yang lebih sehat dan seimbang, membentuk kebiasaan ini akan membantu Anda mencapai tujuan dan merasa lebih percaya diri tentang kebiasaan makan Anda:

1. Makan dalam jumlah cukup. Porsi yang cukup adalah adalah kuncinya. Tidak berlebih, juga tidak kurang. Memberi diri Anda kebebasan untuk makan apa yang Anda inginkan dalam jumlah yang sehat adalah penting untuk nutrisi dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Nikmatilah! Saat Anda berbelanja es krim yang mahal, nikmati pengalamannya daripada menyalahkan diri sendiri karena membeli es krim mahal. Sesekali, cobalah untuk memanjakan diri dan ini bukanlah hal yang salah.

Keluar dari kebiasaan buruk. Beli lebih sedikit makanan yang ingin Anda batasi. Memiliki dapur dan lemari es yang penuh dengan makanan cepat saji dan berbagai makanan penutup dapat membuat godaan yang sulit untuk ditolak. Belilah camilan sehat sebagai gantinya.

Rencana. Makan dalam jumlah sedang dapat memastikan camilan atau makanan sehat lebih diutamakan. Buatlah rencana untuk makan camilan sehat.

2. Kontrol porsi. Ukuran porsi membantu Anda makan dalam jumlah sedang dan mencegah Anda makan berlebihan. Porsi besar menipu Anda untuk makan lebih banyak dan mengonsumsi kalori ekstra yang benar-benar dapat membuat semua rencana gagal.

Gunakan piring yang lebih kecil. Makan dari piring yang lebih kecil dapat membuat otak Anda untuk berpikir bahwa Anda makan lebih banyak, dan itu dapat membantu mencegah Anda makan berlebihan.

Ukur dan gunakan ukuran porsi yang akurat. Dengan begitu, Anda tahu persis berapa banyak nutrisi dan kalori yang Anda makan. Cobalah untuk mengikuti pedoman ukuran porsi.

3. Dengarkan tubuh Anda. Anda mungkin tidak langsung merasa kenyang, tetapi bukan berarti Anda harus terus makan sampai merasa tidak nyaman.

Makanlah saat Anda merasa lapar, bukan saat Anda bosan. Makan tanpa berpikir saat Anda tidak lapar menyebabkan asupan kalori berlebihan dari makanan yang kurang bergizi.

Makan perlahan. Fokus pada rasa dan tekstur makanan Anda. Nikmati makanan Anda daripada terburu-buru! Pastikan untuk memperlambat sehingga Anda bisa merasakan rasa lapar hilang dan merasa nyaman dan merasa kenyang.
Belajarlah untuk berhati-hati saat makan. Makan dengan sadar akan mengajari Anda cara makan sehat saat Anda lapar dan berhenti saat Anda kenyang. Anda juga akan belajar untuk benar-benar mencicipi makanan Anda dan menikmati rasa makanan yang lebih sehat.

4. Jangan terlambat makan. Terlambat makan dapat memperlambat metabolisme tubub Anda. Ini juga menyebabkan kadar gula darah Anda turun.

Selalu sarapan. Makan sarapan yang sehat pada jam yang wajar sangat bagus untuk metabolisme Anda dan menjaga rasa lapar Anda tetap terkendali sepanjang hari.

Sediakan camilan sehat di tempat kerja. Rasa lapar di tempat kerja memudahkan Anda untuk mengambil sekantong keripik berminyak atau jajan tidak sehat lainnya. Selalu siapkan camilan untuk menghambat lapar di tempat kerja dengan menyimpan kacang, kue beras, keripik sayuran atau makanan ringan sehat lainnya di meja Anda

5. Ketahui fakta Anda. Pahami apa yang sebenarnya Anda makan. Makan dengan baik berarti mengetahui berapa banyak nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan tersebut.

Belajar memecahkan kode label nutrisi. Selalu periksa jumlah gula, natrium, lemak jenuh, dan lemak trans.

Periksa label bahan. Pelajari istilah-istilah dalam makanan. Kenali nama-nama tersebut. Jika produk makanan mengandung terlalu banyak bahan yang tidak bisa Anda ucapkan, taruh kembali di rak!

6. Minum air. Jadikan tetap terhidrasi sebagai kebiasaan. Air memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan nutrisi Anda.

Ganti soda dan minuman manis dengan air. Soda dan minuman manis menambahkan banyak kalori kosong ke dalam diet Anda.

Bawalah air dingin yang bersih setiap saat. Pastikan air yang menyegarkan selalu tersedia sehingga Anda dapat dengan mudah meminum asupan air yang direkomendasikan setiap hari.

Tentu masih banyak tips makan sehat lainnya yang bisa Anda praktikkan. Namun semua tips tersebut tidak akan ada manfaatnya kecuali Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya menjadi setumpuk teori. Selamat menikmati makanan yang sehat. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA