fbpx

6 Tips Atasi Stress untuk Ibu

Setiap orang bisa mengalami stres dengan penyebab yang beraneka ragam. Begitu juga dengan seorang ibu, dia bisa stress karena banyak hal. Rumah berantakan, anak rewel, urusan dapur, cucian yang tidak kering-kering karena sedang musim hujan atau lainnya. Jika seorang ibu mengalami stres, maka ini akan berdampak pada kondisi rumah seluruhnya. Lakukan tips atasi stres untuk ibu di bawah ini agar Anda bisa lebih sejenak menenangkan pikiran dan jauh dari stres.Tes Kadar Stres Ibu secara Cepat

Stres Anda sebagai seorang ibu ternyata dapat merugikan anak-anak. Coba lakukan tes berikut ini secara jujur dan Anda akan tahu fakta yang sedang terjadi.

Tes iklim rumah: Bertanyalah pada diri sendiri, apakah kondisi dan suasana rumah bisa membuat Anda merasa nyaman? Apakah anak-anak juga demikian? Apakah di rumah ini Anda dan anak-anak bisa tertawa lepas?

Tes memori ibu: Cobalah lakukan tes sederhana dengan menanyakan pada anak-anak untuk menilai Anda. Apakah mereka akan menjawab Anda adalah orang penyabar, tidak suka teriak, tenang, sehingga anak-anak merasa nyaman di dekat Anda? Atau justru sebaliknya?

6 Tips Atasi Stres untuk Ibu

Anda dapat memilih salah satu dari cara berikut ini untuk bebas dari stres dan anak-anak pun akan merasa nyaman.

  1. Pelajari tanda-tanda stres

Dengan mengetahui tanda stres, Anda dapat melakukan antisipasi segera sebelum kondisi memburuk. Beberapa tanda yang umum adalah peningkatan detak jantung, tekanan darah meningkat, bicara lebih keras atau berterika, tidak sabar dan beberapa tanda yang Anda sudah kenal. Jika mengalami kondisi ini, segera atasi agar tidak berakibat lebih buruk dan berkepanjangan.

  1. Istirahatlah

Memang Anda tidak bisa menghindari stres, tapi cobalah untuk beristirahat sejenak. Istirahat dengan duduk atau berbaring bisa membuat pikiran lebih tenang dan segar. Anda bisa melakukannya dengan memberi tulisan di depan pintu, misalnya, ‘Sedang Istirahat, Jangan Ganggu’. Bisa juga dengan cara lain. Pastikan saja dengan hal itu Anda beristirahat dengan tenang walau sejenak.

  1. Ciptakan solusi untuk saat-saat “panas” Anda

Stres seorang ibu bisa meningkat kapan saja seperti saat anak makan kemudian berantakan, berebut mainan atau makanan dan banyak lagi. Lakukan solusi atau antisipasi sebelum hal-hal tersebut terjadi seperti membagi dua makanan dengan wadah berbeda. Bisa juga dengan mengatur posisi duduk anak-anak dengan dipisah berjauhan ketika makan atau belajar.

Jika Anda biasanya stres di pagi hari ketika Anda tidak tahu baju yang harus dipakai untuk sekolah, cobalah persiapkan baju mereka di malam hari sebelumnya. Solusi-solusi seperti ini dapat mengurangi stres dengan baik.

  1. Pelajari pernapasan dalam atau menenangkan diri

Tips atasi stres untuk ibu berikutnya adalah menenangkan diri. Pernapasan dengan perut dan doa dapat meredakan stres. Cobalah untuk menenangkan diri dengan duduk sambil dengarkan musik santai, pejamkan mata, dan bernafas secara dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Ini juga bisa Anda ajarkan pada anak-anak agar lebih tenang.

  1. Berolahraga bersama

Olahraga tidak harus yang sulit, Anda cukup berjalan di sekitar rumah atau bersepeda dengan anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat menghilangkan stres secara maksimal. Cobalah lakukan olahraga secara rutin dengan anak-anak. Ini bukan hanya menghilangkan stres Anda tetapi juga menyenangkan untuk anak-anak dan tentu saja akan mempererat ikatan Anda dengan anak-anak.

  1. Luangkan waktu untuk tertawa

Coba lakukan beberapa hal yang dapat membuat wajah Anda hilang ketegangannya. Contohnya dengan tertawa. Temukan cara terbaik agar Anda dan keluarga bisa tertawa bersama. Menonton acara kesukaan, bermain games dan lain sebagainya bisa membuat Anda dan keluarga tertawa. Stres pun akan hilang.

Cobalah lakukan beberapa tips atasi stres untuk ibu di atas. Lakukan secara rutin agar Anda terbebas dari stres setiap hari. Pikiran yang lebih tenang akan berdampak positif pada kondisi keluarga. Selamat mencoba. (www.smartladori.com)

 

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA