fbpx

7 Manfaat Sarapan dengan Telur

Ada banyak pilihan ketika kita hendak sarapan di pagi hari. Terkadang, banyaknya pilihan justru membuat kita bingung mau pilih yang mana. Nah, jika demikian cobalah untuk makan telur sebagai menu sarapan di pagi hari. Tentu Anda sudah akrab dengan telur bukan? Tapi sadarkah jika telur memiliki banyak manfaat ketika dijadikan menu sarapan?Alasan Sarapan dengan Telur

Berikut ini beberapa alasan kenapa Anda harus sarapan dengan telur;

  1. Kenyang Lebih Lama

Jika dibandingkan dengan roti panggang atau sereal, telur dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Ini karena adanya lemak dan protein yang ada di dalam telur. Keduanya dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan energi Anda. Dengan demikian, telur akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Ketika Anda kenyang cukup lama di pagi hari, maka itu dapat mengurangi kebutuhan Anda untuk makan camilan di pagi hari. Makan camilan ini bisa berakibat baik maupun buruk tergantung camilan apa yang dimakan dan kandungan di dalamnya. Jika Anda sedang dalam program diet, tentu bisa menahan camilan tidak sehat sangat menguntungkan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Seperti disebutkan di atas, jika Anda merasa kenyang lebih lama maka ini berdampak pada penurunan berat badan. Fakta dari sebuah penelitian telah mengungkapkan fakta menarik ini. Bahwa orang yang makan telur sebagai menu sarapan lebih memungkinkan untuk menurunkan berat badan. Ya, cobalah menu ini dalam sarapan Anda ketika sedang melakukan program diet penurunan berat badan.

  1. Sumber Protein

Jika Anda bertanya, sumber protein apa yang sangat lengkap dan mudah didapatkan? Jawabannya adalah telur. Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki kandungan protein terlengkap. Telur memiliki kandungan berupa asam amino esensial. Kita harus mendapatkan kandungan ini dari makanan yang kita makan.

  1. Harganya Murah

Untuk mendapatkan makanan dengan protein tinggi, biasanya kita perlu membayar mahal. Misalnya saja adalah daging merah, harganya tentu jauh lebih mahal dibandingkan dengan sebutir telur. Telur memiliki harga yang sangat murah sebagai makanan sumber protein tinggi. Bahkan untuk sebutir telur ayam kampung pun masih jauh lebih murah. Apalagi telur ayam negeri, tentu lebih hemat anggaran.

  1. Tidak akan Perburuk Kolesterol

Jika Ada orang yang tidak makan telur dengan alasan karena memiliki sejumlah besar kandungan kolesterol, maka ini salah. Memang benar jika telur memiliki kolesterol dengan tingkat cukup tinggi, tapi ini tidak memiliki dampak pada tingkat kolesterol Anda. Pernyataan yang mengatakan bahwa telur dapat memperburuk kolesterol Anda karena kandungannya, telah dibantah secara ilmiah.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi telur. Telur tidak dapat memperburuk tingkat kolesterol Anda atau berpotensi buruk pada penyakit jantung. Tidak. Ini yang harus Anda pahami, telur tetap menyehatkan badan dan baik untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan walau Anda memiliki kolesterol tinggi.

  1. Membantu Perkembangan Memori dan Otak

Di dalam telur terdapat kandungan kolin. Kolin ini merupakan nutrisi yang sangat penting karena dapat merangsang perkembangan serta fungsi otak dalam tubuh. Bahkan, penelitian mengaitkan hubungan kuat antara kolin dengan peningkatan retensi serta memori atau daya ingat. Kolin juga dapat meningkatkan kewaspadaan. Dengan alasan ini, telur sangat baik untuk menu sarapan Anda pagi ini.

  1. Telur Melindungi Mata

Telur memiliki kandungan dua antioksidan yang sangat penting untuk penglihatan Anda. Dua antioksidan tersebut adalah Zeaxanthin dan Leutin. Keduanya dapat melindungi mata dari berbagai kerusakan akibat dari sinar UV. Ya, tentu ketika kita berada di luar ruangan, paparan sinar UV matahari bisa berdampak buruk pada mata. Selain itu, dua antioksidan ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya katarak di usia tua.

Demikian 7 manfaat makan telur di pagi hari sebagai menu sarapan. Sebagai tambahan, Anda bisa merebus atau menggoreng telur. Keduanya baik hanya saja untuk tingkat lemak lebih rendah, telur rebus tentu lebih menyehatkan. (www.smartladori.com)

 

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top