fbpx

Beras Kemasan

Masyarakat Indonesia sangat gemar makan nasi. Sampai ada ungkapan “belum dianggap makan jika belum makan nasi”. Dengan demikian, keberadaan nasi menjadi sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk melengkapi asupan karbohidrat. Nasi sudah menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat.

Selain beras curah, saat ini di pasaran khususnya pasar modern telah muncul berbagai beras kemasan. Banyak juga merk beras kemasan yang dijual secara online di berbagai marketplace. Ini melengkapi pasar beras curah yang banyak tersedia di pasar tradisional. Ada ada banyak jenis beras yang tersedia dalam berbagai beras kemasan tersebut. Misalnya ada beras wangi, beras sosoh (putih), beras merah, beras hitam, ataupun beras organik. Ada yang menyebut asal varietas padinya, ada juga yang tidak menyebutkan. Kelas mutu berbagai beras kemasan tersebut juga bermacam-macam. Ada yang kelas medium, ada yang kelas premium.

Mutu beras merupakan sekumpulan sifat fisik, kimia, fisikokimia, organoleptik dan flavor yang ada pada beras atau nasinya. Sementara itu, secara umum butir beras tersusun dari zat pati, protein, lemak, abu, serta komponen minor lain misalnya vitamin dan mineral.

Apabila membeli beras (sosoh), pada umumnya pembeli akan memilih beras yang berwarna putih bersih, butirannya utuh, serta tidak ada kerikil, gabah, ataupun benda asing. Beras bisa berwarna putih bersih karena sudah melewati proses penyosohan yaitu menghilangkan lapisan kulit ari pada butir beras.

Dari sisi tekstur, sebagian masyarakat menyukai beras dengan tekstur nasi yang pulen. Sementara itu, sebagian masyarakat lainnya ada yang menyukai tekstur nasi pera. Tekstur nasi ini ini berkaitan dengan kadar amilosa beras. Beras yang pulen akan menjadi lengket saat menjadi nasi. Sedangkan beras pera akan menjadi lebih keras ketika dimasak.

Hadirnya berbagai merk beras kemasan tentu mempermudah masyarakat yang ingin membeli beras. Hal ini karena pada umumnya, beras kemasan tersebut kualitasnya sudah dipilih dari beras yang bagus dan sudah dibersihkan. Beras kemasan umumnya juga mencantumkan produsennya sehingga kualitasnya cukup terjaga. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA