fbpx

Berteman dan Bekerja Secara Profesional di Tempat Kerja

Memiliki rekan kerja yang dekat bisa membantu meningkatkan semangat kerja dan menjaga motivasi dalam jangka panjang, meningkatkan produktivitas, dan berkontribusi pada keseimbangan kehidupan kerja secara keseluruhan yang lebih baik. Sebaliknya, hubungan yang buruk dengan rekan kerja, baik hubungan dengan mitra sejajar, bawahan, ataupun atasan bisa membuat kita tertekan dan kehilangan semangat.

Memiliki hubungan positif di tempat kerja dapat meningkatkan suasana hati. Orang-orang yang ramah dengan rekan kerja mereka menikmati rasa persahabatan di tempat kerja karena mereka dapat mengobrol tentang pencapaian pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka dan menemukan sesuatu yang lebih dengan rekan-rekan mereka. Ini dapat membantu membangun moral dan meningkatkan suasana hati saat sedang bekerja.

Selain itu juga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Ketika Anda merasa positif dan didukung oleh rekan kerja, Anda mungkin merasa lebih berkomitmen pada tim Anda dan terlibat dalam proyek yang membuat Anda ingin bekerja lebih keras dan lebih produktif.

Manfaat lainnya adalah dapat mendorong pertumbuhan karier. Dengan rekan kerja yang dapat diandalkan dan suka membantu, kinerja kerja Anda juga dapat meningkat, yang pada gilirannya akan membantu Anda tumbuh dalam peran, perusahaan, dan karier.

Bagaimaca cara agar kita bisa meraih hal tersebut?

Ada beberapa langkah-langkah efektif yang dapat dilakukan untuk mulai mengembangkan hubungan kerja yang kondusif dan profesional.

  1. Perkenalkan Diri

Jika belum melakukannya, perkenalkan diri Anda kepada rekan kerja. Mengambil inisiatif untuk bertemu orang-orang membantu membangun hubungan awal yang dapat mengembangkan pondasi untuk hubungan berkualitas di masa depan.

Jika Anda telah bertemu dengan rekan kerja di dalam satu bagian yang sama, berusahalah untuk bertemu juga dengan orang-orang di bagian yang berbeda. Anda mungkin menemukan koneksi hebat dan orang-orang dengan minat yang sama di berbagai bagian perusahaan/kantor Anda.

  1. Ingat dan Sapa dengan Nama Mereka

Luangkan waktu untuk mempelajari nama rekan kerja Anda dan sapa mereka dengan namanya. Menggunakan (memanggil) nama seseorang adalah cara yang bagus untuk menunjukkan respek kepada mereka dan bahwa Anda juga peduli dengan mereka. Jangan lupa gunakan sapaan yang tepat, misalnya Pak atau Ibu jika berada di lingkungan kantor.

  1. Gunakan Salam dan Ajukan Pertanyaan

Ucapkan “halo” dan “selamat pagi” kepada rekan kerja Anda saat Anda masuk kerja di awal shift dan saat Anda pulang di akhir. Ajukan pertanyaan ramah tentang kegiatan akhir pekan mereka, hobi, atau informasi apa pun yang mungkin mereka secara sukarela mau berbagi atau informasi yang mereka ingin sampaikan. Terkadang, mereka hanya perlu didengar dan diapresiasi. Contoh: ‘wah seru sekali weekend kamu, aku jadi iri.

  1. Sikap Positif

Sangat penting untuk memiliki sikap positif di tempat kerja. Ketika Anda mempertahankan persona positif, rekan kerja Anda cenderung ingin berada di dekat Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda menemukan orang lain yang positif dan optimis. Pola pikir positif juga dapat menginspirasi orang lain untuk berpikir dan bertindak secara positif.

Tersenyumlah dan angguklah saat berbicara dengan rekan kerja untuk memperjelas bahwa Anda tertarik dengan apa yang mereka katakan. Juga, buka telapak tangan dan gunakan tangan Anda secara alami saat berbicara untuk menunjukkan bahwa Anda ramah dan terbuka.

  1. Bawa Minuman dan Camilan.

Bawalah kopi atau makanan untuk sarapan untuk dibagikan dengan tim. Tinggalkan camilan di ruang istirahat dengan catatan kecil, atau bawa ke kantor dan bagikan secara langsung. Apa pun itu, kolega Anda mungkin ingin mengucapkan terima kasih secara pribadi, memberikan kesempatan besar untuk mengobrol dengan orang baru. Bahkan mungkin menginspirasi orang lain untuk menukar kopi atau makanan di hari berikutnya.

  1. Makan Siang Atau Minum Kopi Bersama

Daripada makan di meja sendiri, lebih baik makan siang bersama di dapur, kafetaria, atau ruang istirahat bersama. Jika ada restoran atau kedai kopi yang dekat, tanyakan ajak mereka untuk pergi bersama saat istirahat makan siang. Mengundang rekan kerja untuk menikmati secangkir kopi atau makan siang dapat membantu Anda bertemu orang-orang di luar meja kerja dan di luar departemen.

  1. Luangkan waktu di area umum

Jika tempat kerja Anda memiliki area umum untuk berkolaborasi atau bekerja lebih fleksibel, pertimbangkan untuk meluangkan waktu di sana. Anda dapat berinteraksi dengan karyawan lain yang bekerja di area tersebut, yang dapat membantu Anda bertemu orang baru atau mengembangkan hubungan yang sudah ada.

  1. Tawarkan bantuan

Cara lain untuk meningkatkan hubungan di tempat kerja Anda adalah dengan menawarkan bantuan kepada rekan kerja. Bahkan jika mereka tidak secara khusus meminta bantuan, Anda masih dapat menawarkan untuk melakukan sesuatu yang mereka hargai, seperti mengantar surat atau membantu mereka menyelesaikan sebuah proyek.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat. (www.smartladori.com)

 

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA