fbpx

Keutamaan Makan dan Minum dengan Tangan Kanan

Makan dan minum adalah aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari yang rutin kita lakukan. Perlu kita ketahui bahwa dalam makan dan minum, ternyata agama juga mengaturnya.

Nabi saw bersabda :
إذا أَكَلَ أحدُكُم فليأكلْ بيمينِهِ . وإذا شرِبَ فليشربْ بيمينِهِ . فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بشمالِهِ ويشربُ بشمالِهِ
Artinya: “Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

Berdasarkan hadis tersebut, sangat jelas bahwa umat Islam dilarang oleh nabi untuk menggunakan tangan kiri saat makan atau minum. Hal ini karena setan menggunakan tangan kirinya untuk makan dan minum.

Menjadi pertanyaan, bagaimana apabila ada orang yang kidal?
Rasulullah SAW pernah menegur orang kidal yang enggan membiasakan makan dengan tangan kanan. Salamah bin Al-Akwa’ RA berkata:
أَنَّ رَجُلًا أَكَلَ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِشِمَالِهِ فَقَالَ كُلْ بِيَمِينِكَ قَالَ لَا أَسْتَطِيعُ قَالَ لَا اسْتَطَعْتَ مَا مَنَعَهُ إِلَّا الْكِبْرُ قَالَ فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ
Artinya: “Ada seorang laki-laki yang makan di samping Rasulullah SAW dengan tangan kirinya. Maka Rasulullah bersabda, “Makanlah dengan tangan kananmu!” Dia menjawab, “Aku tidak bisa.” Beliau bersabda, “Semoga kamu tidak bisa?” Padahal tidak ada yang mencegah dia makan dengan tangan kanan kecuali karena sombong. Setelah itu tangannya tidak bisa dia angkat sampai ke mulutnya.” (HR. Muslim).

Oleh karena itu, kidal hendaknya jangan dijadikan alasan untuk makan dengan tangan kiri. Kita harus melatihnya sehingga akhirnya menjadi kebiasaan untuk makan dengan tangan kanan, walaupun kidal. Sementara untuk aktivitas lain misalnya aktivitas olahraga seperti tenis meja, badminton, ataupun menulis dalam kehidupan sehari-hari, boleh menggunakan tangan kiri. Walaupun tentu lebih utama adalah dengan menggunakan tangan kanan.

Rasulullah saw mengajarkan kepada kita agar membagi fungsi kedua tangan sesuai dengan tempatnya. Tangan kanan untuk sesuatu yang baik dan positif salah satunya makan, sedangkan tangan kiri untuk sesuatu yang sifatnya kotor seperti istinja setelah buang air besar.

Mari kita biasakan untuk selalu menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum. (www.smartladori.com)

 

 

 

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA