fbpx

Keutamaan Puasa Arafah

Al-Imam Al-Hafizh Abul ‘Ula Muhammad ‘Abdurrahman Al-Mubarakfuri menyebutkan, “Jika disebutkan bahwa sebaik-baik yang diucapkan adalah bacaan laa ilaha illallah, maksudnya ialah bukan menunjukkan bahwa doa yang dimaksud dalam hadits yakni dengan bacaan tersebut saja. Namun maksud sebaik-baik doa adalah doa yang dipanjatkan pada hari Arafah, doa apa saja bentuknya. Dan boleh juga dibaca selain doa kalimat “laa ilaha illallah” yang diucapkan.

Puasa Arafah merupakan ibadah puasa sunah yang dijalankan menjelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Umat Islam dianjurkan melakukan Puasa Arafah sebagaimana dilakukan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah SWT menjanjikan berkah bagi hamba-Nya yang menjalankan ibadah sunah tersebut sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadits Nabi :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Puasa Arafah merupakan salah satu ibadah puasa sunnah dalam Islam yang dikerjakan satu tahun sekali, yaitu setiap tanggal 9 bulan Dzulhijjah. Bulan ini merupakan salah satu bulan dalam kalender Hijriah yang sangat ditunggu oleh umat Islam.  Hal ini karena di bulan inilah Hari Raya Idul Adha dirayakan oleh seluruh umat Islam dari berbagai penjuru dunia.

Pada tanggal tersebut juga bertepatan dengan momentum jamaah haji yang tengah menjalankan wukuf di Arafah. Sehingga umat Islam yang tidak sedang melaksanakan rukun ibadah haji, dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa sunnah ini.

Jadi, jika kita belum mampu menunaikan ibadah haji karena alasan biaya atau masih dalam daftar tunggu dan hal lainnya, kita bisa tetap beribadah dengan berpuasa sunnah. Para ulama sepakat mengkategorikan puasa sunnah ini menjadi salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan, atau biasanya diberi istilah sunnah muakkad.

Pastikan kita menjalankan puasa Arafah semata-mata hanya untuk mendapat ridho dari Allah SWT. Alanhkah baiknya, agar lebih sempurna ibadah kita di bulan Dzulhijjah, kita juga dianjurkan berqurban jika mampu. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA