fbpx

Mengajarkan Adab kepada Anak Sejak Dini

Adab merupakan perkara yang sangat penting. Orang tua wajib mengajarkan adab kepada anak sejak masih dini. Hal ini tentu bukan perkara mudah karena lingkungan pergaulan anak akan sangat mempengaruhi perilaku anak tersebut. Banyak ulama telah membahas masalah adab ini karena merupakan salah satu syariah di dalam agama.  Secerdas apapun anak kalau tidak beradab dan tidak berakhlak baik, akan menjadi hilang kemuliaannya.

Nabi saw bersabda :
“ Tidak ada pemberian orang tua kepada anak yang lebih baik dari memberi adab yang baik.” ( HR. Tirmidzi )

Salah satu adab yang sangat ditekankan adalah adab kepada orang yang lebih tua.
Nabi saw bersabda :
“Bukanlah dari golongan kami mereka yang tidak menyayangi yang lebih muda, dan mereka yang tidak menghormati yang lebih tua.” (HR. Tirmidzi).

Bagaimana cara yang mudah untuk mengajarkan adab kepada anak? Beberapa tips berikut bisa dilakukan ya Ayah Bunda.

  1. Belajar adab dengan teladan orang tua.
    Orang tua merupakan panutan bagi setiap anaknya. Anak juga mempunyai sifat peniru yang ulung. Oleh karena itu, sangat penting agar orang tua selalu menjaga adab yang baik di dalam kehidupan sehari-hari. Ini tentu akan dilihat langsung oleh anak sehingga anak pun akan menirunya. Dengan demikian, sejak kecil anak sudah terbiasa dengan adab yang baik dan langsung mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak lupa, harus ditanamkan keimanan yang kuat pada diri anak sehingga anak mempunyai akidah yang tangguh. Hal ini tentu akan membuat anak mempunyai pondasi yang kuat apabila suatu saat nanti ia harus berada di lingkungan pergaulan yang kurang baik.
  2. Kisah teladan Rasulullah saw.
    Rasulullah saw adalah suri tauladan bagi kita semua. Beliau mempunyai adab yang luar biasa mulia. Orang tua harus mengenalkan bagaimana kehidupan Rasulullah saw sehingga anak menjadi mengenal dan mengetahui sikap yang harus diteladani. Anak juga mempunyai standard yang jelas terkait dengan adab yang harus diikuti. Suri tauladan ini penting agar anak tidak salah memilih idola.
  3. Mulai dari perkara-perkara yang sederhana.
    Hal-hal yang bisa jadi kita anggap sepele, bisa kita mulai sebagai pelajaran mengenai adab. Misalnya, bagaimana cara makan yang baik yaitu dengan membaca doa sebelum dan sesudah makan, menggunakan tangan kanan, tidak mencela makanan apabila kurang disukai, dan berbagai hal sederhana lain dalam kehidupan sehari- hari.
  4. Sertakan anak dalam aktivitas ibadah orang tua.
    Mengajak anak melaksanakan ibadah akan membentuk kebiasaan yang baik terkait dengan ibadah. Hal ini akan membuat anak akhirnya bisa ringan dalam menjalankan ibadah tanpa harus dikejar-kejar oleh orang tua.
  5. Konsisten.
    Agar tercipta adab yang baik pada anak, sangat dibutuhkan sikap yang konsisten dalam menjalankannya. Orang tua harus mempunyai tekad yang kuat agar bisa selalu memberikan contoh adab yang baik. Tanpa sikap konsisten, maka adab yang baik sulit terwujud pada anak.

Demikian beberapa cara dalam mengajarkan adab yang baik pada anak. Semoga berhasil ya Ayah Bunda. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top