fbpx

Mengakhiri Hubungan Pertemanan yang Tidak Sehat

Apakah Anda pernah merasakan bahwa hubungan pertemanan Anda dengan salah seorang teman tidak sehat atau toxic? Anda pun mempertimbangkan untuk mengakhiri toxic relationship ini? Ada kalanya hubungan pertemanan yang toxic itu perlu segera diakhiri, atau Anda sendiri yang akan semakin menderita. Kami akan berikan beberapa tips atau cara untuk mengakhiri toxic relationship.
Akhiri Toxic Relationship

Mempunyai teman adalah suatu hal yang baik. Tapi dalam kondisi tertentu, bisa berubah menjadi buruk.

Nabi pernah bersabda :

“Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 927)

 

Apabila teman tersebut ternyata mempunyai pengaruh yang buruk, maka Anda sangat mungkin akan terkena pengaruhnya. Apalagi jika Anda merasa diremehkan, direndahkan, tidak nyaman, atau tertekan, Anda mungkin menghadapi pertemanan yang toxic. Banyaknya sikap negatif di dalam pertemanan juga menjadi tanda bahwa pertemanan itu toxic untuk Anda.

Berada dalam persahabatan yang toxic benar-benar merugikan Anda, dan sulit untuk mengetahui bagaimana cara menghadapinya. Memang ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui atau menjaga pertemanan toxic. Tapi, jika Anda sudah melakukannya dan tidak berhasil, mungkin inilah waktunya untuk mengakhiri hubungan pertemanan toxic ini.

Berpisah dari teman di hidup Anda karena mereka telah menyakitimu adalah keputusan besar yang harus dipertimbangkan dengan baik berdasarkan pemikiran, bukan emosi sesaat. Mungkin, saat Anda merasa lebih tenang, Anda bisa menyelesaikan masalah dengan mereka; hanya Anda yang dapat memutuskan apakah Anda ingin menyelamatkan persahabatan atau tidak. Namun, banyak orang menemukan bahwa dengan sedikit waktu dan kesabaran, persahabatan dapat tumbuh lebih kuat setelah melewati masa-masa sulit bersama.

Tentu saja, memutus pertemanan adalah tindakan sangat terakhir ketika berbagai hal lain tidak ada pengaruhnya. Sebelum memutus pertemanan, tentu sebelumnya Anda harus memberikan nasihat secara baik-baik, dari hati ke hati, dan tidak mudah menyerah. Jadi ini adalah tindakan terpaksa agar kita terhindar dari berbagai macam akibat buruk.  Anda tidak dapat melihat adanya harapan ke depan bahwa teman tersebut akan berubah menjadi baik.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengakhiri persahabatan yang beracun (toxic).

Menjauhkan Diri

Cara pertama untuk mengakhiri hubungan toxic adalah dengan menjauh secara perlahan. Cara ini bisa efektif jika Anda dan teman memiliki pandangan yang sama dan saling berusaha lebih sedikit untuk memperbaiki persahabatan. Ini adalah pendekatan non-konfrontatif yang seringkali efektif.

Berikut adalah beberapa hal untuk dicoba:

  • Jangan mengirim pesan atau menelepon mereka sesering mungkin. Jika Anda biasa mengirim chat tiga kali seminggu, turunkan menjadi dua kali seminggu, lalu seminggu sekali.
  • Jika sulit karena Anda semua berada di grup yang sama, Anda dapat mencoba membatasi atau mengurangi cek atau lihat grup.

Bagaimanapun Anda melakukannya, tidak mudah mengakhiri persahabatan walau itu toxic relationship. Ingatlah bahwa menjauh hanya sehat jika Anda dan teman menarik diri. Jika tidak saling menguntungkan, ini bisa membuat mereka merasa seperti Anda mengabaikan mereka.

 

Resmi Mengakhiri Pertemanan/Persahabatan

Cara ini dilakukan apabila teman tersebut benar-benar melakukan perbuatan-perbuatan yang sangat keterlaluan, seperti pelanggaran hukum yang serius misalnya korupsi, mencuri, dan tindak kejahatan lainnya. Metode ini melibatkan duduk bersama orang tersebut dan memberi tahu mereka bahwa persahabatan telah berakhir. Ini adalah pilihan yang cukup sulit dan membutuhkan banyak keberanian dari Anda sendiri, seperti halnya putus dengan pasangan. Hal yang hebat adalah, ini memberi Anda dan mereka kesempatan untuk mengeluarkan semuanya secara terbuka dan mengakhirinya secara resmi.

Hapus/Blokir Mereka Sepenuhnya

Jika teman Anda melakukan kekerasan fisik atau emosional atau membuat Anda merasa seperti sampah – misalnya, mereka memanggil Anda dengan nama untuk merendahkan, menyakiti Anda secara fisik, mengancam atau mengendalikan Anda – ini tidak boleh dibiarkan. Anda tidak berutang apa pun kepada mereka dan Anda memiliki hak untuk melepaskan diri dari situasi toxic relationship ini.

Untuk benar-benar mengakhiri pertemanan, hapus atau blokir mereka di media sosial, atau di mana pun mereka dapat menghubungi Anda. Jika Anda pergi ke sekolah dengan mereka, lihat apakah Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak berada di kelas bersama. Jika pun sama, Anda bisa menjaga jarak, tidak bersamaan masuk atau keluar kelas.

Memutus toxic relationship adalah sesuatu yang harus Anda lakukan untuk diri sendiri. Ketika Anda menjauh dari persahabatan yang beracun, Anda akan pindah dari banyak hal negatif dan akan bebas menjadi diri sendiri.

 

Demikian, semoga Sahabat LaDORI bisa menjalin hubungan pertemanan dan persahabatan yang sehat sehingga hidup kita bisa lebih bahagia dan menjadi manusia yang lebih baik. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA