fbpx

Mengenal Beberapa Jenis Beras dan Manfaatnya

Beras merupakan salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Bahkan, hampir tiap hari banyak orang mengonsumsi bahan makanan ini. Berat mempunyai berbagai macam zat gizi yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Masyarakat Indonesia paling sering mengkonsumsi beras putih. Perlu diketahui, selain beras putih masih ada juga jenis beras lainnya yang tentu mempunyai manfaat tersendiri.

Pertama, Beras Putih.

Beras jenis ini merupakan jenis beras yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Beras ini termasuk makanan yang sangat mudah dicerna, teks oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Beras ini, selain bisa diolah menjadi nasi sebagai makanan sehari-hari, juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang bervariasi yang bervariasi. Beras putih mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, misalnya mengurangi gangguan pencernaan karena mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi.

Kedua, Beras Merah.

Secara tekstur, beras merah lebih keras daripada beras putih. Oleh karena itu, orang yang mengkonsumsi jenis beras ini jauh lebih sedikit. Walaupun demikian, ada orang-orang lebih memilih mengonsumsi beras merah karena berbagai manfaatnya. Diantara manfaat beras merah adalah, menjaga jumlah zat besi dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah dan insulin.

Ketiga, Beras Ketan.

Ini sering digunakan untuk membuat berbagai macam jenis bahan makanan misalnya olahan kue. Contoh makanan yang dibuat dari beras ketan adalah tape, wajik, dan madumongso.

Beras ketan mempunyai banyak kandungan zat tembaga yang dapat memperkuat jaringan ikat serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Keempat, Beras Basmati.

Beras ini kalah populer dibandingkan jenis-jenis yang disebutkan sebelumnya. Kelebihan jenis beras ini adalah beras ini mempunyai indeks glikemik yang rendah.

Kelima, Beras Hitam.

Beras hitam termasuk jenis beras yang tidak begitu banyak dijumpai di pasaran. Beras ini mempunyai kandungan zat inflamasi dan antioksidan yang lebih tinggi jika dibandingkan jenis beras lainnya.

Keenam, Beras Coklat.

Penampilan dan bentuk beras ini mirip dengan beras merah, sehingga bisa jadi masyarakat awam kurang tahu perbedaannya. Beras ini mempunyai kelebihan rendah pati dan kalori. Minyak sehat didalam beras ini juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan.

Demikian beberapa jenis beras yang dikenal dan beredar di masyarakat. Semoga bermanfaat. (smartladori.com)

Dibaca

 192 total views,  1 views today

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
Share on digg

Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beras LaDORI

Beras unggulan dengan kualitas terbaik. Tersedia dalam berbagai kemasan. Pulen dan nikmat. Terbuka kesempatan menjadi distributor dan agen dengan peluang penghasilan yang menarik. 

Artikel Terbaru

LaDORI Sahabat Sejati

Live visitors
36
493
Visitors Today
118001
Total
Visitors
Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA