fbpx

Nasi Putih sebagai Makanan Pokok di Indonesia

Ketika melihat menu berbagai masakan Asia termasuk Indonesia, nasi putih adalah makanan yang penting berada di meja makan. Dari nasi putih, nasi goreng, nasi telor dan beragam olahan nasi putih lainnya, semua tampak menggiurkan bagi lidah orang Asia.

Masakan Modern

Beras dapat digunakan untuk membuat hidangan manis dan gurih. Nasi goreng adalah cara paling umum untuk memasak tanaman yang lezat ini; meskipun juga bisa digiling untuk membuat tepung beras yang kemudian bisa dibuat menjadi berbagai produk. Dalam masakan Asia, tepung beras dapat dicampur menjadi pasta kemudian dipotong menjadi untaian panjang untuk membuat mie yang lezat.

Biji-bijian ini cocok untuk berbagai rasa yang berbeda. Apalagi, beras putih kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral dan merupakan sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik. Ada banyak jenis beras dengan kualitas yang berbeda. Faktor kualitas berhubungan dengan panjang gabah, kelengketan, aroma, tekstur, dan rasa.

Beras di Indonesia

Beras putih masih menjadi makanan pokok warga Indonesia, bisa tiga kali dalam sehari. Lazim dikatakan, orang Indonesia dianggap belum makan jika mereka belum memakan nasi putih. Oleh sebab itu, nasi selalu hadir dalam setiap hidangan, di berbagai acara formal seperti acara pernikahan dan informal seperti ngumpul-ngumpul dengan teman.

Di Indonesia, memang ada banyak jenis beras, tapi beras putih masih mendominasi. Hal ini tampaknya sebagian disebabkan oleh rasa “bersih” dari nasi putih sehingga dapat disantap dengan lauk pauk apa pun.  Selain itu, beras putih juga dimasak jauh lebih cepat daripada beras varian lain. Ini menjadi pertimbangan tersendiri karena bahan bakar mahal.

Saat ini Indonesia tidak mampu memenuhi kebutuhan berasnya sendiri dan mengimpor jutaan ton setiap tahun, sebagian besar dari Thailand. Beras melati dari Thailand juga diimpor oleh sebagian besar negara Barat. Adapun tampilan dan rasanya, sangat mirip dengan beras Indonesia.

Nasi Putih

Nasi adalah kata untuk beras putih yang telah dimasak. Banyak masakan Indonesia yang terasa kurang sempurna jika tanpa hadirnya nasi putih. Ini bukti yang menunjukkan peran sentral nasi putih dalam hidangan tanah air.

Seorang nenek Jawa baru-baru ini menulis surat ke Jakarta Post yang mengecam konsumsi makanan cepat saji di kota itu. Dia melanjutkan dengan bersikeras bahwa seorang wanita Indonesia sejati tidak akan pernah merasa kenyang hanya dengan roti dan burger; dia pasti punya nasi. Nasi juga memberikan Anda memori masa lalu, ketika orang tua Anda memasaknya untuk hidangan keluarga.

Memasak Nasi Putih

Cara paling umum untuk menyiapkan nasi adalah merebus beras putih dengan air, atau terkadang dengan santan dan bumbu rempah. Cara paling mudah saat ini adalah dengan menggunakan rice cooker (penanak nasi). Ini adalah salah satu dari sedikit peralatan modern yang dengan cepat menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang Asia yang mampu membelinya.

Seperti diketahui jika titik didih air konstan, maka termostat internal pada alat dapat mendeteksi kenaikan suhu ketika semua air telah diserap oleh beras. Kemudian, penanak nasi akan secara otomatis beralih ke mode pemanasan pada saat ini dan membuat nasi tetap mengembang dan siap untuk dimakan. Dengan cara ini, nasi putih akan menjadi lebih pulen. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA