fbpx

Pencegahan Hepatitis

Hepatitis termasuk salah satu penyakit yang kasusnya tinggi di Indonesia. Umumnya penyakit peradangan hati ini disebabkan oleh virus sehingga bisa terjadi penularan kepada orang lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melakukan pencegahan hepatitis. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ada lima jenis penyakit hepatitis yang diakibatkan oleh virus, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Ada pula hepatitis karena faktor nonvirus yaitu karena sebab efek obat-obatan, konsumsi alkohol, maupun penyakit automimun.

Di Indonesia saat ini juga ditemukan kasus hepatitis misterius yang terjadi pada anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mencegah penularan penyakit ini. Upaya pencegahan tentu sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran hepatitis.

Beberapa langkah di bawah ini bisa kita lakukan :

1. Rajin mencuci tangan.
Pola hidup yang bersih dan sehat sangat penting untuk selalu kita jaga. Ini adalah kunci utara untuk pencegahan hepatitis, khususnya untuk hepatitis yang belum ada vaksinnya, misalnya hepatitis C, D, E, dan hepatitis misterius.

Mencuci tangan sangat penting dilakukan ketika : sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah memasak, dan setelah dari toilet.

Hepatitis A dan hepatitis E penularannya sering terjadi melalui feses ke makanan ataupun minuman yang dikonsumsi.

2. Pastikan konsumsi makanan yang sudah matang.
Hal ini sangat penting untuk memastikan makanan aman. Pastikan juga makanan diolah dengan higienis. Apabila makan di warung makan, pastikan konsumsi makanan yang dijamin matang.

3. Jaga kebersihan setelah buang air kecil dan besar.
Feses bisa menjadi media penularan, sehingga kita perlu memastikan selalu menjaga kebersihan terutama tangan.

4. Gunakan alat makan pribadi.
Bergantian alat makan dengan penderita hepatitis sangat tidak dianjurkan. Pastikan Anda tidak bergantian alat makan dengan orang lain khususnya yang sakit hepatitis. Apabila di warung makan, Anda bisa minta kertas makan sebagai alas, dan gunakan sendok yang dibawa dari rumah.

5. Memakai masker dan jaga jarak.
Pemerintah melalui Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mochammad Syahril eminta agar masyarakat tetap memakai masker. Hal ini karena ada kemungkinan virus hepatitis akut yang menyebar lewat saluran pernapasan.

6. Hindari kontak langsung dengan orang sakit.
Berinteraksi dekat dan langsung dengan orang yang sakit sebaiknya diminimalisir.

Demikian, semoga sahabat Smart Ladori bisa tetapmenjaga kesehatan. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA