fbpx

Tidak Bingung Saat Pertama Kali Menjadi Orang Tua

Baik buruknya anak, sangat erat hubungannya dengan peran orang tua. Proses ini sudah dimulai bahkan sebelum anak lahir. Saat pertama kali menjadi orang tua, wajar jika kita mengalami kebingungan bagaimana harus merawat anak.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat menjalani peran sebagai orang tua baru :

Percayalah pada dirimu sendiri

Beberapa orang tua yang baru pertama kali menjalani peran sebagai orang tua memiliki sifat emosional, antara merasa bisa atau bahkan tidak bisa sama sekali. Tapi, tahukah Anda? Anda adalah bagian dari perjalanan estafet dan tak terputus dari orang tua Anda sebelumnya. Kini menjadi tugas Anda sebagai orang tua baru. Percayalah, hal-hal menjadi lebih mudah dengan bayi Anda di kemudian hari ketika Anda memulainya dengan; cinta, sentuhan, nyanyian, susu, dan kesabaran.

Mulailah dengan ASI

Apabila Anda jarang sekali menyentuh bayi sebelum mempunyai bayi sendiri, wajar jika ada perasaan bingung. Namun mau tidak mau kita akan merasa harus sudah menjadi praktisi ahli dalam merawat bayi.

Mulailah dengan meletakkan bayi di dada Anda, biarkan si kecil itu mencari ASI. Dari sinilah perjalanan besar dan kebahagiaan luar biasa menjadi orang tua baru akan dimulai. Ikuti instruksi dari perawat atau dokter untuk pemberian ASI pertama kali.

Tidurlah yang cukup

Mengasuh anak adalah sebuah rasa kebahagiaan yang sangat besar bagi orang tua baru. Kita akan sibuk dan lelah. Maka jangan sampai lupa tidur karena dapat membantu Anda menenangkan suasana hati. Di awal, mintalah suami, atau orang tua, atau kerabat terdekat untuk membantu proses perawatan bayi.

Lazim bahwa ibu akan mengalami akan mengalami kurang tidur karena bayi yang belum terbiasa dengan kondisi sekitar. Oleh karena itu, berusahakan ikut tidur ketika bayi Anda tidur. Ini akan membantu mengurangi stress dan beban pikiran lain. Kurangi juga aktifitas fisik yang terlalu berat. Tentu saja sangat penting bahwa untuk tugas sehari-hari di rumah bisa dibantu oleh suami atau keluarga terdekat.

Terima semua bantuan yang bisa Anda dapatkan sebagai orang tua baru

Jika memungkinkan, mintalah bantuan dari ibu, bibi, dan kakak perempuanu untuk sementara tinggal bersama untuk membantu. Rasa bingung bisa menjadi lebih besar ketika tidak ada orang di rumah atau saat orang lain bekerja. Untuk itu, mintalah pertolongan pada orang tua atau saudara yang memiliki waktu untuk membantu Anda dalam perawatan dan pengasuhan bayi Anda yang baru lahir.

Bersikaplah fleksibel saat Anda terbiasa menjadi orang tua baru

Banyak sekali tips yang sudah beredar dan bisa Anda terapkan. Bahkan, mungkin sebelumnya Anda sudah membaca atau menonton video tentang tips menjadi ibu, termasuk memperhatikan apa saja yang mereka lakukan. Dengan demikian, Anda merasa telah siap mempraktekkan semua yang Anda baca dan lihat.

Namun penting sekali untuk diperhatikan, perawatan bayi satu dengan bayi yang lain bisa jadi berbeda. Oleh sebab itu, hal yang penting untuk dilakukan adalah dengan menjadi fleksibel, luwes, tidak kaku. Artinya, jangan karena tips yang Anda baca mengatakan A B C, kemudian Anda pun melakukan A B C tanpa melihat kondisi bayi Anda. Jadilah fleksibel dan hal-hal baik akan muncul. Anda pun akan mulai memahami karakter bayi Anda sehingga akan lebih mudah lagi di kemudian hari.

Jangan kehilangan selera humor Anda saat menjadi orang tua pertama kali

Tertawa adalah salah satu cara untuk mengurangi beban pikiran. Tetaplah bisa bersikap humor kepada orang di sekitar Anda. Tertawa bisa meningkatkan semangat Anda, serta menurunkan stres Anda.

Merawat satu sama lain. Dan lakukan hal-hal yang menyenangkan

Merawat bayi Anda adalah salah satu tanggung jawab, tetapi bukan satu-satunya hal yang harus dilakukan. Ada hal lain yang juga harus diperhatikan, yaitu hubungan dengan suami. Buatlah waktu untuk aktivitas berdua, seperti keluar untuk makan malam atau berjalan-jalan saat anggota keluarga datang berkunjung. Cari waktu untuk tetap bersama dengan suami, seperti menonton film bersama saat bayi sedang tidur pulas. Buatlah hal yang menyenangkan untuk kebahagiaan bersama.

Hidup dan Kehidupan.

Perkataan “waktu berlalu begitu cepat” dari orang yang sekarang anaknya sudah besar, mungkin belum terasa di benak Anda karena kerepotan yang Anda alami sebagai orang tua baru. Tapi itu benar. Anda akan merasakannya nanti. Jadi, mulailah dengan benar-benar memperhatikan bayi Anda, lihatlah wajahnya, pegang tangan mungilnya, sentuhlah ia sesering mungkin. Ada masanya nanti ia akan belajar berjalan, berlari dan mulai sekolah hingga menjadi dewasa.

Itulah beberapa tips dan saran untuk Anda yang saat ini atau hendak menjadi orang tua baru. Percayalah pada diri Anda sendiri bahwa setiap wanita itu mampu dan memang wanita diciptakan untuk menjalani peran sebagai ibu. (www.smartladori.com)

 

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
Share on digg

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA