fbpx

Ucapkan Terima Kasih dan Doakan Orang yang Membantu Kita

Ada suatu kata yang sangat mudah diucapkan tetapi sering dilupakan. Padahal kata ini sangat penting dalam menjaga hubungan antara sesama manusia di dalam masyarakat. Kata ini adalah “terima kasih”.

Kata ini memang sederhana dan bisa jadi dianggap sepele. Tetapi kata ini bisa sangat bermakna apabila diucapkan dan disampaikan dengan sepenuh hati, dari hati yang tulus.

Tentu saja sangat berbeda antara ucapan terima kasih yang diucapkan dengan hati yang tulus dibandingkan dengan ucapan terima kasih yang nadanya seperti formalitas belaka.

Mari coba bayangkan. Anda menerima bantuan dari seseorang atas sesuatu yang anda merasa kesulitan melakukannya. Kemudian Anda mengucapkan terima kasih yang alakadarnya dengan nada biasa saja. Bandingkan dengan seandainya Anda mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati. Bandingkan juga seandainya Anda tidak mengucapkan terima kasih sama sekali. Kira-kira, apa efeknya terhadap orang tersebut? Mana yang kira-kira membuat orang tersebut dengan sangat senang hati untuk membantu Anda kembali?

Tentu saja kita semua tahu jawabannya. Ucapan terima kasih yang tulus dari hati, akan membuat orang lain yang membantu kita juga akan tergerak untuk dengan senang hati membantu kita kembali apabila suatu ketika diperlukan. Walaupun terima kasih tersebut sama sekali bukan berwujud benda, hanyalah sebuah kata.

Terbiasa mengucapkan terima kasih dengan hati yang tulus, akan membuat antara satu orang dengan orang yang lain mempunyai ikatan yang bersifat timbal balik dalam status positif. Ucapan terima kasih akan membuat rasa batin kita lebih bahagia.

Ternyata dampak ucapan terima kasih tidak hanya bersifat batin, tetapi juga ada hubungannya dengan kesehatan. Mengutip dari klidokter.com, ucapan terima kasih dapat membantu mengurangi resiko terjadinya serangan jantung. Bahkan The American Heart Association (AHA) berpendapat bahwa mengucapkan terima kasih dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, termasuk stroke.

Ucapan terima kasih juga merupakan salah satu yang diajarkan dalam agama.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Tidak bersyukur kepada Allah (dengan baik) orang yang tidak berterimakasih kepada orang (lain).” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan selain keduanya).

Sahabat sekalian, mari kita membiasakan memberikan ucapan terima kasih kepada orang yang membantu kita. Lebih baik lagi apabila kita mampu membalas kebaikan orang lain dengan kebaikan juga, bukan dengan sekedar ucapan terima kasih. (www.smartladori.com)

Bagikan tulisan ini ke media sosial :

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published.

*

code

Scroll to Top
×

Assalamualaikum wr.wb.

Silakan klik nama petugas Online Support untuk chat via WhatsApp.

× Chat WA